Debat Perdana Pilpres 2019 akan dibagi menjadi 6 Segmen

0
10

Debat perdana capres dan cawapres pada Pilpres 2019 antara Joko Widodo-Ma’ruf Amin vs Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kemungkinan akan dilaksanakan pada Kamis (17/1/2018) mendatang. Susunan acara pada saat debat pertama Pilpres 2019 itu berlangsung baru saja dirampungkan oleh KPU.

Dalam rapat Komisi Pemilu Umum (KPU) bersama tim kampanye dari kedua belah pihak paslon, Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi, memutuskan jalannya debat pertama Pilpres 2019 ini akan dibagi dalam enam segmen.

Ketua KPU, Arief Budiman mengucapkan pada saat rapat tersebut beberapa bahasan mengenai debat pertama kedua paslon seperti ‎tata ruang panggung, serta yang paling penting adalah adalah susunan acara untuk para calon kepala negara tersebut.

“Soal lay out tempat sudah ditentukan termasuk posisi meja dan kursi, jumlah undangan yang akan dihadirkan serta yang terpenting sudah tuntaskan susunan acara debatnya nanti, ujar Arief di Kantor KPU, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Arief juga mengatakan, dalam debat perdana menandatang kemungkinan ada enam segmen yang akan diadakan. Segmen tersebut dibuat agar lebih memudahkan kedua paslon dan masyarakat yang mengamati jalannya debat lebih tertata serta terstruktur dengan baik.

Baca Juga  Guru di Bekasi Mengaku Dipecat Sekolah karena Pilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum

Apa saja isi segmen tersebut? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pertama

Pada segmen pertama, kedua paslon dari Jokowi dan Prabowo akan dituntut untuk menyampaikan visi dan misinya masing-masing. Hal ini dilakukan agar semua orang yang melihat dapat mengetahui landasan visi-misi dari kedua pasan paslon tersebut.

Kedua dan Ketiga

Pada segmen kedua dan ketiga, susunan acaranya adalah menjawab pertanyaan terbuka. Nantinya para capres dan cawapres akan menjawab pertanyaan yang sudah disusun sebelumnya oleh panelis.

Keempat dan Kelima

Pada segmen keempat dan kelima ini, tiap-tiap pasangan calon akan melemparkan pertanyaan kepada calon lawan lainnya. Jadi intinya akan ada pertanyaan terbuka antar pasangan calon capres dan cawapres ini.

“Jadi segmen kelima dan keenam ini acaranya kedua capres dan cawapres menjawab pertanyaan yang disusun masing-masing paslon, ucapnya.

Keenam

Terakhir untuk segmen keenam ini adalah KPU memberikan kesempatan kepada kedua pasangan capres dan cawapres untuk menyampaikan penutup dalam debat perdana tersebut. Penutup disini berarti ucapan tentang kesimpulan yang telah mereka dapatkan pada debat perdana ini dan alasan kenapa masyarakat harus memilih mereka.

Baca Juga  Jadi Tersangka, Bupati Non Aktif Tulungagung Tetap Ikut Pilkada

Istilahnya kampanye terbuka terakhir di acara debat yang pertama kali serta mengingatkan akan adanya debat-debat selanjutnya kedepannya.

“Setelah debat selesai dijalankan kedua paslon Jokowi dan Prabowo, kami juga menyetujui untuk dilakukannya sebuah konfrensi pers bersama dari tim kampanye paslon nomor urut 01 dan tim kampanye paslon nomor urut 02, ung‎kapnya.

KPU juga mengharapkan dengan adanya sesi debat perdana ini, setiap proses pemilu pada tahun 2019 ini dapat dilakukan bersama-sama oleh kedua belah pihak dari tim kampanye Prabowo dan Jokowi. Hal ini didasarkan oleh keinginan masyarakat Indonesia semuanya yang ingin menciptakan kultur baru. Dimana persaingan pada pemilu tetap berjalan, namun masih bisa bergandengan tangan.

“Kami ingin membangun sebuah tradisi atau budaya baru mengenai pemilu ini, agar semua paslon yang terlibat atau semua pihak yang terlibat bisa saling bergandengan tangan meski harus tetap saling berkompetisi,” pungkasnya.

Debat pertama capres dan cawapres ini rencanannya akan disiarkan langsung oleh beberapa televisi nasional seperti RRI, KOMPAS TV, TVRI, dan RTV. Untuk moderatornya sendiri, Ira Koesno dan Imam Priyono lah yang akan menjadi penengah dan pembawa acara dalam debat pertama capres dan cawapres 2019 yang akan digelar di Hotel Bidakara Jakarta itu.

Baca Juga  Aksi 2019 Ganti Presiden Digelar di Depan Gerai Markobar, Ini Kata Gibran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here