Gajah Bunta Dibunuh di CRU Serbajadi Aceh Timur

0
21

TRENDONID – Gajah terlatih yang bernama Bunta, yang ditempatkan di Conservation Respon Unit (CRU) Serbajadi, di Desa Bunin, Kecamatan Serbajadi Aceh Timur, ditemukan mati pada hari Sabtu, 9 Juni 2018 sekitar pukul 08.00. Bunta, gajah jinak berumur 27 tahun tersebut mati dengan dugaan karena diracun pada malam hari.

Kematian Bunta diketahui oleh mahout Saifudin saat akan memandikannya. Ketika ditemukan, gading gajah telah hilang satu dengan cara dibelah pipinya. .

Mengetahui gajahnya mati, Saifudin segera melapor kepada Ketua CRU dan selanjutnya melaporkan kematian Bunta ke Polsek Serbajadi, serta melaporkan kepada Kepala BKSDA Aceh. .

source : www.instagram.com/mountnesia

Kepala BKSDA kemudian berkoordinasi dengan Polda Aceh dan Polres Aceh Timur untuk penanganan kasus tersebut, serta menugaskan Tim Dokter Hewan yang dikoordinasi Kepala Seksi Wilayah 1, untuk membantu penyidik melakukan nekropsi guna mengetahui penyebab pasti kematian. . Kematian Bunta sendiri diperkirakan karena diracun. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya sisa mangga dan pisang yang sudah dimasuki racun di lokasi kejadian. .

Nekropsi dilakukan pada hari Minggu, 10 Juni 2018 dibawah koordinasi penyidik Polres Aceh Timur. Kepala BKSDA Aceh mengutuk keras tindakan biadab ini, karena Bunta, gajah yang ditangkap sekitar tahun 2006 di Aceh Utara ini, sangat banyak membantu melakukan penggiringan gajah luar yang berkonflik di berbagai tempat. Ia meminta agar kasus pembunuhan Bunta bisa diungkap dan pelaku dihukum sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga  5 Ucapan Mohon Maaf Lebaran Anti Mainstream

BKSDA Aceh dan mitra akan memberikan hadiah sebesar Rp. 10.000.000,- kepada siapapun yang dapat memberikan informasi akurat mengenai pembunuh Bunta.

source : www.instagram.com/bksdaaceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here