Yuk Pakai Minyak Kelapa Agar Rambut Kamu Terlihat Indah Berkilau

0
22

Minyak kelapa adalah minyak yang banyak digunakan untuk kesehatan, kecantikan, hingga keperluan lainnya. Mulai dari memasak, melembabkan kulit, hingga menghapus makeup,  Selain itu, minyak kelapa juga sering digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan rambut. Berikut akan mengulas kelebihan dan kekurangan menggunakan minyak kelapa untuk rambut, serta tips menggunakannya.

Kandungan minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa dianggap sebagai minyak terbaik untuk rambut Anda, dengan mengurangi kehilangan protein dan membuatnya tetap sehat.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa minyak kelapa baik untuk mencegah kehilangan protein daripada minyak mineral dan bunga matahari ketika diaplikasikan baik sebelum atau setelah mencuci rambut.

Bahkan minyak kelapa dapat mengurangi kehilangan protein pada rambut yang tidak rusak, memutih, dan terpapar sinar UV. Minyak kelapa sebagian besar terdiri dari asam lemak rantai menengah yang disebut asam laurat. Ini memberi minyak kelapa struktur panjang dan lurus, yang lebih mudah diserap jauh ke dalam batang rambut.

Minyak bunga matahari mengandung sebagian besar asam linoleat, yang memiliki struktur yang lebih besar, sehingga tidak mudah diserap ke dalam rambut. Ini berarti bahwa minyak seperti minyak mineral dan minyak bunga matahari dapat melapisi rambut, tetapi mereka tidak diserap ke dalam batang rambut.

Baca Juga  Camilan Keripik Ubi Ungu Indonesia Raih Peringkat Ke-2 di AS

Manfaat minyak kelapa untuk rambut

1. Membantu mencegah kerusakan rambut

Mengoleskan minyak kelapa pada rambut Anda sebelum atau setelah mencuci rambut dapat mencegah kerusakan pada rambut Anda. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menerapkan minyak kelapa pada rambut, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke rambut sebelum atau sesudah Anda keramas.

Menerapkan minyak kelapa ke rambut sebelum Anda keramas dapat mengurangi jumlah air yang diserap oleh batang rambut. Sehingga membuat rambut kurang rentan terhadap kerusakan saat basah.

Sementara, mengoleskan minyak kelapa setelah Anda keramas dapat membuat rambut Anda lebih lembut dan halus. Hal ini mengurangi jumlah gesekan yang disebabkan oleh styling, membuat rambut Anda tidak mudah tersangkut dan patah.

2. Membantu menumbuhkan rambut lebih panjang

Banyak orang ingin memiliki rambut panjang dan berkilau. Namun, perawatan, cuaca dan polutan yang berinteraksi sehari-hari dengan rambut Anda justru dapat merusak rambut. Ini bisa membuat rambut Anda tumbuh dengan tidak sehat dan terlihat lebih usang dan kering.

Minyak kelapa untuk rambut dapat membantu tumbuh lebih panjang dengan:

  • Melembabkan rambut dan mengurangi kerusakan.
  • Melindungi rambut Anda dari kehilangan protein dan kerusakan saat basah.
  • Melindungi rambut Anda dari kerusakan lingkungan seperti angin, matahari dan asap.
Baca Juga  Kebanyakan Cowok Akan Lebih Memilih Cewek yang Menarik dari pada Sempurna?

3. Manfaat untuk rambut lainnya

Tak cuma mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaga kilaunya, menggunakan minyak kelapa untuk rambut juga bisa membuat:

  • Mencegah Tumbuhnya Kutu.
  • Memberikan perlindungan dari matahari.
  • Mencegah Timbulnya Ketombe
  • Mencegah rambut rontok.

Adakah efek negatif minyak kelapa untuk rambut?

Minyak kelapa umumnya dianggap aman untuk diterapkan pada kulit dan rambut Anda. Namun, menggunakan terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan minyak pada rambut dan kulit kepala Anda.

Ini bisa membuat rambut anda berminyak dan kusam terutama jika Anda memiliki rambut yang sangat halus. Selain itu, meski tidak menyebabkan rambut rontok, tapi minyak kelapa dapat menyebabkan rambut yang sebelumnya terlepas menjadi lebih mudah jatuh dari kulit kepala Anda.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut yang indah

Berikut ini beberapa cara menggunakan minyak kelapa untuk membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda.

  • Sebagai kondisioner. Sampo rambut Anda seperti biasa lalu sisir minyak kelapa melalui rambut Anda, dari bagian tengah hingga ujung rambut.
  • Sebagai detangler. Setelah keramas dan mengatur rambut Anda, oleskan sedikit minyak kelapa ke rambut Anda untuk melindunginya saat Anda menyisirnya.
  • Sebagai masker rambut. Gosokkan minyak kelapa ke rambut Anda dan biarkan selama beberapa jam (atau bahkan semalaman).
  • Sebagai pelindung rambut sebelum keramas. Gosokkan minyak kelapa ke rambut Anda sebelum keramas.
  • Sebagai perawatan kulit kepala. Sebelum tidur, pijat sedikit minyak kelapa ke kulit kepala Anda. Biarkan semalam dan bersihkan dengan sampo di pagi hari.
Baca Juga  Negara - Negara Paling Malas di Dunia dari versi WHO

Untuk mendapatkan rambut yang indah, sehat dan berkilau, Anda dapat melakukan cara-cara tersebut secara teratur atau sesekali tergantung jenis rambut Anda.

Jumlah minyak kelapa yang Anda butuhkan tergantung pada panjang dan jenis rambut Anda. Kebanyakan orang menggunakan hanya untuk diaplikasikan dari bagian tengah ke ujung rambut untuk menghindari rambut menjadi berminyak.

Sebaiknya mulailah mengaplikasikan minyak kelapa dalam jumlah yang sedikit, lalu baru bertahap ke jumlah yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Jika Anda memiliki rambut pendek atau sangat halus, Anda mungkin membutuhkan sedikit minyak kelapa atau sekitar satu sendok teh. Namun, orang-orang dengan rambut panjang dan tebal mungkin ingin menggunakan sebanyak dua sendok makan.

 

Sekian tipsnya semoga bermanfaat :))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here