5 Penyebab gatal-gatal di selangkangan pada pria dewasa

0
38

Gatal pada bagian kulit di tubuh manusia menjadi salah satu penyakit yang menjengkelkan. Bagaimana tidak, gatal-gatal seringkali membuat diri kita menjadi tidak nyaman pada berbagai kondisi dan situasi. Sering kali, gatal-gatal yang terjadi di tubuh manusia menyerang bagian-bagian yang bisa dibilang lembab dan hangat. Oleh karenanya, selangkangan merupakan area favorit yang sering diserang oleh penyakit ini.

Berikut akan kami berikan 5 Penyebab gatal-gatal di selangkangan pada pria dewasa :

1. Radang

Berlari dan kegiatan atletik lainnya yang dapat menyebabkan paha kalian saling bergesekan adalah penyebab khas radang. Gesekan dapat menyebabkan peradangan dan iritasi kecil pada lapisan kulit luar, menyebabkan ruam terbakar atau gatal. Kalian dapat melindungi kulit kalian dan menghilangkan gatal-gatal serta terbakar dengan menggunakan krim pelembab yang mengandung oatmeal koloid serta seng oksida. Obat alami termasuk gel lidah buaya atau minyak zaitun yang digosokkan ke bagian yang sakit juga bisa menjadi solusi yang bisa kalian coba.

2. Dermatitis kontak

Kondisi super gatal ini disebabkan ketika kulit kalian bersentuhan dengan alergen, yang bisa jadi bahan di pakaian dalam, deterjen, pelembut kain, sabun, atau handuk. Dermatitis kontak biasanya terlihat seperti ruam merah bergelombang yang mungkin disertai dengan cairan yang keluar. Perawatan yang efektif adalah menghilangkan penyebabnya, yang mungkin memerlukan sedikit investigasi untuk mengetahuinya. Jika kalian baru-baru ini mulai menggunakan sabun baru, deterjen cucian, atau pelembut kain, kembalilah ke yang lama. Jika kalian memiliki pakaian dalam baru, kalian mungkin perlu mencucinya beberapa kali (dalam deterjen yang sudah terbukti benar) sebelum memakainya.

Baca Juga  Pakai Obat Jerawat Terasa Perih, Memang Wajar atau Perlu Dikhawatirkan?

3. Infeksi jamur

Jika infeksi jamur adalah penyebab rasa gatal kalian, kemungkinan kalian juga akan mengalami ruam atau kondisi kulit lainnya yang terlihat. Infeksi ragi, misalnya, biasanya disertai oleh kulit lembab, mengkilap pada penis serta deposit putih di lipatan kulit dan ruam merah yang gatal. Infeksi jamur lain mungkin tampak sedikit berbeda. Semua infeksi jamur dapat diobati dengan krim antijamur (mis., Clotrimazole). Alternatif alami adalah minyak kelapa, sementara solusi lainnya (mis., Minyak pohon teh, minyak oregano), bila dicampur dengan minyak pembawa dalam jumlah yang tepat, dapat membantu juga. Diskusikan campuran minyak terbaik dengan praktisi yang berpengetahuan luas.

4. Kutil kelamin

Human papillomavirus (HPV) ditandai dengan adanya kutil kelamin, yang biasanya lunak, pertumbuhan berwarna kulit yang bahkan mungkin terlihat seperti kuntum bunga kol kecil. Untungnya, kutil yang gatal ini tidak menyebabkan gejala lain, tetapi mereka juga hanya merupakan representasi nyata dari virus sistemik. Kalian dapat berhasil mengobati kutil kelamin dengan obat topikal yang tersedia di apotek (mis., Imiquimod, podofilox, sinecatechins) atau dengan resep dokter (mis., Podophilin, asam trikloroasetat).

Baca Juga  Yuk Pakai Minyak Kelapa Agar Rambut Kamu Terlihat Indah Berkilau

5. Herpes

Kadang-kadang gatal adalah gejala pertama dari infeksi virus herpes, penyakit menular seksual. Rasa gatal dengan cepat berubah menjadi terbakar, setelah itu lecet dapat berkembang. Jika lecet pecah, mereka dapat menyebabkan borok yang menyakitkan. Strategi pengobatan terbaik adalah menemui dokter, yang dapat meresepkan obat antivirus seperti asiklovir atau valasiklovir hidroklorida. Kalian juga harus memberi tahu pasangan seksual tentang infeksi Anda sehingga mereka dapat diobati juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here