Inilah 5 Tanda Tak Terduga Kalau Kita Sebenarnya Kekurangan Cairan Tubuh

0
59

Inilah tanda paling sederhana kalau kita kekurangan cairan tubuh adalah kita merasa haus. Tapi kadang ada beberapa tanda lainnya yang menunjukan kita kekurangan cairan tubuh. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh jangan dianggap sepele, lho.

Dalam jangka panjang bisa menyebabkan penyakit dan membuat penampilan kita pun terlihat letih dan lesu. Penting untuk mewaspadai tanda-tandanya.

Ini 5 tanda tak terduga kalau kita sebenarnya kekurangan cairan tubuh.

  1. Bau Mulut

Salah satu penyebab dari bau mulut adalah bakteri yang ada dalam mulut dan yang dihasilkan oleh air liur kita. Ketika kita kekurangan cairan tubuh, air liur kita engak mampun mengalahkan bau yang dihasilkan oleh kuman dalam mulut. Karena itulah kita jadi bau mulut. Kita harus rajin minum air putih. Baik setelah makan maupun setelah ketika sedang enggak makan.

2. Sering enggak fokus

Pernah merasa tiba-tiba blank atau enggak fokus? Ada banyak alasan yang menyebabkan hal ini. Salah satu yang paling sering terjadi adalah kekurangan cairan tubuh.

Cairan dalam tubuh penting untuk membuat kerja otak lebih baik dan oksigen terdistribusi dengan baik juga ke seluruh tubuh. Biasanya kondisi ini terjadi kalau kita sudah melakukan aktivitas di udara panas dan cukup panjang, tiba-tiba kita merasa blank, nah buru-buru minum air, ya.

Baca Juga  7 Tanda Kalau Dia Menganggapmu Lebih dari Sekadar Teman

3. Timbul rasa lapar

Kadang ciri kekurangan cairan tubuh dengan lapar, sering memberikan sinyal yang mirip pada otak. Kalau kita lapar, enggak ada salahnya mencoba minum air dulu.  Biasanya rasa lapar dan keinginan untuk nyemil akan menghilang.

4. Kulit enggak elastis

Coba cubit kulit tangan kita. Bila kulit kita kembali dengan cepat artinya kondisi kulit kita elastis. Tapi kalau enggak, bisa jadi kita kekurangan cairan tubuh.

Ketika tubuh kekurangan cairan tubuh, kulit jadi kurang cukup lembap dan akhirnya kulit kurang elastik ketika dicubit.

5. Enggak berkeringat

Kadang kita suka malu kalau kebanyakan berkeringat, karena takut bau badan dan baju jadi basah. Sebenarnya berkeringat itu penting lho. Karena,keringat adalah salah satu cara mengeluarkan racun dalam tubuh.

Bayangkan kalau kita enggak pernah berkeringat, semua racun menumpuk dalam tubuh. Ketika  kita kekurangan tubuh, tubuh akan menahan cairan yang harusnya keluar dalam bentuk keringat.

Kalau ini terjadi secara berkepanjangan bisa berbahaya, lho.  Bila di udara panas kita enggak berkeringat, ini jadi salah satu tanda kita akan mengalami heat stroke.

 

Baca Juga  Meme Kocak Tentang 'Cewek Dandan' Ini Bakal Bikin Kamu Ketawa Ngakak

Note :  Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dehidrasi.

  • Konsumsilah es krim, potongan buah yang dibekukan, atau es loli untuk melembapkan mulut yang kering.
  • Minumlah minuman yang sehat seperti air putih, sayuran, jus buah, madu, minuman yang mengandung gula rendah, atau teh herbal.
  • Cobalah makan buah-buahan yang kaya akan air seperti semangka.
  • Tempelkan kain basah pada tubuh terutama pada leher, wajah, punggung, dada ataupun perut.
  • Kurangi penyebab dehidrasi seperti muntah, diare, atau demam.
  • Oleskan lip balm pada bibir yang kering.
  • Letakkan pendingin, es, dan minuman sehat dengan jarak yang dekat supaya tubuh mendapatkan kondisi yang lebih nyaman.

 

Sekian semoga bermanfaat :))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here