Indonesia Berhasil Loloskan 3 Wakil Tambahan ke Kejuaraan Dunia 2018

0
6

Dalam daftar terbaru pemain yang lolos ke Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2018 di Nanjing, Indonesia berhasil meloloskan tiga wakil tambahan pada turnamen Grade 1 yang menjadi bagian dari HSBC World Tour tersebut. Ketiganya merupakan wakil dari nomor tunggal putra, ganda putra, dan ganda putri.

1. Tommy Sugiarto lolos sebagai tunggal ketiga Indonesia

Pada fase kualifikasi pertama, Indonesia berhasil meloloskan dua wakil di tunggal putra, yakni Anthony Sinisuka Ginting (peringkat 12) dan Jonatan Christie (peringkat 14). Keduanya secara otomatis lolos karena masuk dalam peringkat 16 besar dunia saat daftar ranking tanggal 26 April 2018, yang menjadi batas akhir pengumpulan ranking poin untuk Kejuaraan Dunia 2018, diumumkan beberapa minggu yang lalu.

Jika ingin meloloskan tiga wakil, setidaknya Indonesia harus mempunyai tiga wakil di 24 besar. Namun tunggal putra ketiga, Tommy Sugiarto berada di peringkat ke-30 saat ranking tersebut diumumkan.

Beruntung, saat fase kualifikasi kedua diumumkan, terdapat beberapa pemain yang mengundurkan diri atau menolak undangan yang diberikan oleh BWF. Karena alasan tersebut, Tommy yang berada di posisi Reserve ke-4 pada akhirnya berhasil lolos karena mendapat undangan dari BWF. Tommy menjadi tunggal putra terakhir yang dipastikan lolos dan akan mengisi slot nomor 64.

Baca Juga  Ditjen Pajak Tanggap Tangani Situsnya yang Diretas Hacker

2. Wahyu/Ade lolos, Indonesia kirimkan empat wakil di ganda putra

Secara peringkat, pasangan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso merupakan ganda putra nomor 6 yang dimiliki Indonesia. Bahkan jika pasangan gado-gado Indonesia/Malaysia, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong, juga turut diperhitungkan, maka Wahyu/Ade akan berada di posisi ke-7.

Peluang lolos keduanya ke Kejuaraan Dunia juga terbilang sangat kecil. Sebab Wahyu/Ade berada di posisi Reserve ke-10, yang artinya harus ada 10 pasangan yang menolak undangan BWF atau mengundurkan diri agar Wahyu/Ade bisa lolos, dan 3 di antaranya haruslah pasangan dari Indonesia.

Seolah menjawab doa keduanya, Wahyu/Ade pun akhirnya berhasil lolos setelah banyak pasangan di ganda putra yang mengundurkan diri dan menolak undangan BWF. Mereka yang menolak undangan termasuk di antaranya “dua setengah pasang” ganda putra Indonesia, yakni Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro (peraih medali perak Kejuaraan Dunia 2017), Angga Pratama/Ricky Karandasuwardi, serta Hendra Setiawan/Tan Boon Heong, serta pasangan Denmark, Mathias Christiansen/David Dauugard.

Wahyu/Ade akan menemani tiga pasangan Indonesia lain yang telah lolos pada fase kualifikasi pertama, yakni pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta Berry Angriawan/Hardianto.

Baca Juga  Manchineel, Pohon Yang Paling Beracun Bisa Menyebabkan Kematian

3. Agatha/Fadia jadi wakil keempat di ganda putri

Pasangan ganda putri junior, Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti memastikan diri lolos ke Kejuaraan Dunia pada fase kualifikasi kedua yang diumumkan beberapa hari yang lalu. Bernasib hampir sama seperti seniornya di tunggal dan ganda putra, Agatha/Fadia juga lolos karena banyaknya pasangan yang menolak undangan BWF atau mengundurkan diri.

Seperti yang dilansir dari badmintonindonesia.org, Fadia tidak menyangka bisa lolos ke Kejuaraan Dunia senior. Wajar, sebab keduanya berada di posisi Reserve ke-24.

Kami tidak menyangka bisa bertanding di kejuaraan dunia level senior, karena tahun ini kami masih main di kejuaraan dunia level junior juga. Pelatih kami (Rudy Gunawan), baru menginformasikan semalam kalau kami akan main di kejuaraan dunia,” kata Fadia, pemain kelahiran Bogor, 16 November 2000 ini.

Tiga wakil lain yang telah dipastikan lolos pada kualifikasi pertama adalah pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, serta Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Baca Juga  Ternyata Tidak Mengandung Susu, BPOM Turun Tangan Kepada Produsen Susu Kental Manis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here