Akhirnya, Tim Sepak Bola Remaja Thailand Selamat Setelah 9 Hari Terjebak di Dalam Gua!

0
31

Beberapa hari terakhir, berita tentang hilangnya sekelompok remaja di sebuah gua di Thailand jadi perhatian dunia. Satu kelompok tim sepak bola yang rata-rata masih berusia belasan tahun hilang bersama pelatihnya selama beberapa hari. Diduga kuat mereka hilang setelah memasuki gua Tham Luang Nang Non, Thailand Utara pada 23 Juni lalu. Hujan deras yang mengguyur kawasan itu membuat jalur masuk ke gua tertutup air.

Regu penyelamat dari Thailand maupun internasional pun bekerja keras untuk menemukan mereka. Evakuasi dan pencarian sangat sulit karena jalurnya tertutup air. Butuh penyelam untuk mencari letak keberadaan anak-anak ini. Setelah lebih dari sepekan berjibaku menyelamatkan para survivor, akhirnya pada hari Senin, 2 Juli 2018.

Proses pencarian yang dilakukan regu penyelamat selama berhari-hari akhirnya membuahkan hasil positif. Para survivor ditemukan dalam keadaan selamat

Kelompok gabungan petugas penyelamat dan penyelam dari berbagai penjuru dunia, bahu membahu turun ke dalam kompleks Gua Tham Luang, provinsi Chiang Rai untuk membantu proses evakuasi 12 remaja dan 1 pelatih sepak bola di Thailand tersebut. Mereka hilang sejak tanggal 23 Juni lalu. Setelah pencarian tidak membuahkan hasil, bantuan dari internasional pun datang. Anggota AFP dari Australia dengan keterampilan menyelam dalam gua bergabung dengan Angkatan Laut Thailand. Ditambah dengan 11 petugas penyelamatan China, 32 tentara Amerika Serikat, 3 penyelam dari  Inggris dan seorang pakar gua Inggris, juga tim penyelamat dari Myanmar dan Laos.

Baca Juga  WOW Anak Berprestasi Asal Jember Jadi Juara Olimpiade Matematika Internasional

Akhirnya pada Senin (2/7) hadir kabar positif dalam proses pencarian survivor. Petugas evakuasi yang menyelam berhasil menemukan 12 remaja pemain bola berserta pelatihnya di dalam gua. Rekaman video yang diunggah oleh angkatan laut Thailand menunjukkan pada publik bahwa para survivor masih dalam kondisi yang baik meskipun telah 9 hari di dalam gua.

Setelah terus mencari, akhirnya para survivor terlihat berdiri di sebuah gundukan. Ketika penyelamat bertanya jumlah mereka, salah seorang dari mereka menjawab 13 orang. Mereka juga berteriak ingin makan. Namun dua penyelam ini hanya bisa memastikan kondisi mereka dan kembali ke luar gua untuk memasok makanan. Tantangan selanjutnya adalah mengeluarkan mereka dari sana, karena tidak mungkin mereka ber-13 menyelam ke dalam air untuk menuju pintu keluar.

Mengapa sulit sekali mengevakuasi korban dari Gua Thum Lang? Apa sih kesulitannya?

Gua Thum Luang yang berada di Thailand Utara ini memang termasuk gua yang berbahaya. Meskipun pintu utama mudah diakses namun sebenarnya gua ini sangatlah rumit. Komplek gua ini terbentang sepanjang 10 kilometer dengan lebih banyak jalan masuk sempit. Jalan masuk sempit ini menuju ke ruang gua yang lebih besar, kemudian kembali ke jalan sempit lagi. Selain itu, gua ini rentan terendam air ketika hujan lebat tiba. Padahal bulan Juni-Oktober Thailand dilanda musim hujan. Untuk itu evakuasi di gua tersebut bukanlah hal yang mudah mengingat bentuk gua yang bercabang dan

Baca Juga  Aman Abdurrahman Langsung Sujud di Ruang Sidang Setelah Divonis Hukuman Mati

Banjir besar yang disebabkan oleh hujan lebat selama beberapa hari telah menghambat upaya para penyelam dalam pencarian para korban hilang. Jalur yang sempit dan terendam air jadi berbahaya untuk dimasuki regu penyelam. Air dalam gua pun telah dipompa keluar namun hujan terus saja datang membanjiri terus menerus. Jalur alternatif sudah dicari, namun belum ditemukan.

Semoga mereka bisa dievakuasi keluar dengan selamat. Semangat mereka untuk tetap hidup harus diacungi jempol!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here